Apa Itu CODM, Game Legend yang Muncul di Versi Mobile?

Apa itu CODM, game FPS legendaris yang bermetamorfosis ke versi game mobile? Mari cari tahu lebih lengkap!

Apa Itu CODM, Game Legend yang Muncul di Versi Mobile?

Banyak orang yang mungkin yang masih belum familiar dengan istilah CODM jika disebutkan tanpa konteks yang jelas. Namun, jika konteksnya diperjelas, yaitu terkait game FPS, maka sebagian dari mereka kemungkinan akan langsung merujuk pada game FPS legendaris, Call of Duty.

Apakah kamu pernah memainkan game ini? Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa hal mengenai CODM, mulai dari pengertian, mode permainan, hingga fitur yang disediakan.

Apa Itu CODM?

CODM (Call of Duty Mobile) sendiri merujuk pada versi mobile dari game FPS, Call of Duty. Kemunculan game Call of Duty Mobile sendiri dapat dikatakan menjadi penyegar di kategori game FPS mobile, yang dominasinya masih dipegang oleh banyak game baru seperti PUBG Mobile dan Free Fire.

Game ini menawarkan pengalaman bermain yang nostalgic, dengan mode FPS klasiknya, layaknya game Counter Strike. Selain itu, CODM juga menghadirkan banyak variasi mode permainan yang membuat game FPS mobile ini menjadi lebih menantang dan seru.

Mode Permainan di Call of Duty Mobile

Berikut beberapa mode permainan CODM yang perlu kamu ketahui:

1. Mode Klasik

Di mode klasik, game CODM menawarkan beberapa pilihan mode khas game Call of Duty yang dapat kamu mainkan, meliputi Bomb Mission, Domination, Team Deathmatch, Free for All, dan Frontline.

Dari kelima mode klasik di atas, hampir semuanya mengusung konsep pertempuran tim 5 lawan 5, kecuali mode Free for All. Di mode Free For All ini, kamu sebagai pemain dapat melakukan pertempuran perorangan (head to head) secara online melawan musuh.

2. Mode Multiplayer

Untuk mode multiplayer, Call of Duty Mobile hadir 3 pilihan mode permainan, yaitu Normal, Ranked dan juga Private. Mode normal adalah mode multiplayer klasik, dimana pemain dapat bermain tanpa mengejar rank atau achievement tertentu.

Sementara mode Ranked, mode ini adalah mode multiplayer kompetisi untuk pemain yang ingin bermain dengan mengejar rank dan achievement tertentu.

3. Mode Battle Royale

Tidak ingin kalah dengan game FPS populer lainnya, Call of Duty Mobile juga menghadirkan mode Battle Royale sebagai salah satu mode permainannya. Namun, apa itu CODM Battle Royale dan apakah konsepnya sama dengan Battle Royale di game FPD lain?

Pada dasarnya, mode Battle Royale di Call of Duty ini sama dengan yang tersedia di game FPS lainnya, yang mana konsep yang diusung adalah last man standing (penyintas terakhir).

Di mode ini, kamu akan ditempatkan di satu medan tempur bersama 99 pemain lainnya dan saling bertempur satu sama lain, hingga tersisa satu pemain terakhir (last man standing).

Namun yang menarik, mode Battle Royale di Call of Duty mobile mengadaptasi sistem kelas untuk karakternya, layaknya game RPG. Disini, kamu akan dapat memilih 1 dari 7 kelas karakter yang tersedia, yaitu Defender, Clown, Mechanic, Medic, Scout, Ninja dan Trickster.

Setiap kelas karakter memiliki kemampuan uniknya tersendiri. Misalnya, kelas Medic yang memiliki kemampuan penyembuhan (heal) dan kelas scout yang memiliki kemampuan deteksi musuh.

4. Mode Zombie

Jika di mode Battle Royale, kamu akan dituntut untuk saling bertempur satu sama lain dengan pemain lain, mode zombie memiliki misi yang berbeda. Di mode permainan ini, pemain akan memiliki misi untuk bekerja sama untuk dapat selamat dari serangan zombies.

Jika bicara lebih lanjut tentang apa itu CODM Zombie Mode, mode permainan ini sebenarnya merupakan adaptasi dari gameplay seri Call of Duty: Black Ops. Di mode ini, pemain memiliki tujuan untuk bertahan dari serbuan zombie, yang terbagi atas beberapa waves.

Untuk dapat bertahan di mode ini, pemain dapat melakukan sejumlah aksi tertentu, seperti mengambil buff, memperbaiki bangunan, hingga menghidupkan rekan satu tim. Jika pemain berhasil bertahan dari zombie waves di mode ini, maka pemain akan mendapatkan reward berupa shard, yang nantinya dapat ditukarkan menjadi item.

Fitur Permainan di CODM

Hal menarik yang ditambahkan ke game CODM tidak hanya terbatas pada mode permainan dan sistem kelas pada karakternya. Call of Duty versi mobile juga menghadirkan sejumlah fitur permainan yang membuat aksi di medan tempur menjadi lebih penuh adrenalin, seperti berikut.

CODM Scorestreaks

Fitur Scorestreak adalah sistem hadiah yang memberikan reward kepada pemain dengan performa baik dalam pertempuran. Performa tersebut diukur berdasarkan perolehan kill dari pemain.

Jika pemain mendapatkan jumlah kill sesuai dengan ketentuan, maka pemain tersebut dapat mendapatkan item atau perlengkapan spesial seperti turret, airdrop, UAV, drone, hingga rudal yang tidak dapat kamu pilih.

CODM Loadout

Loadout adalah fitur permainan yang memiliki fungsi layaknya ruang loker sebelum pertempuran. Di ruang loadouts ini, pemain dapat melakukan berbagai kustomisasi pada karakter yang ia gunakan, seperti mengganti senjata, skin, dan lainnya.

Selain itu, melalui fitur ini, pemain juga dapat operator skill dan attachment yang akan pemain gunakan pada karakternya selama pertempuran.

💡

COD Points, Mata Uang Game di CODM

Salah satu elemen yang saat ini tersedia di sebagian besar game FPS modern adalah sistem mata uang game. Sistem ini memungkinkan pemain untuk dapat melakukan pembelian item ataupun skin senjata tertentu, guna membuat tampilan karakternya menjadi lebih menarik atau kuat.

CODM juga mengadaptasi sistem ini. Game ini memiliki mata uang yang bernama COD Points (CP), yang dapat pemain gunakan untuk melakukan pembelian skin karakter, skin senjata, hingga skin parasut.

Kamudapat mendapatkan COD Points ini dengan melakukan top up CP Call of Duty: Mobile melalui platform top up saldo dan pembelian voucher game resmi. Salah satunya adalah platform Saldo Game.

Saldo Game adalah platform top up saldo dan pembelian voucher game resmi yang terkenal di kalangan para gamer Asia, termasuk gamer Indonesia. Platform Saldo game menyediakan layanan top up cepat untuk berbagai game online, termasuk game Call of Duty Mobile.

Adapun cara top up CODM melalui platform Saldo game sendiri adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi laman resmi saldogame.com.
  2. Pilih menu Top Up dan scroll ke bagian bawah hingga menemukan game Call of Duty Mobile.
  3. Klik pada game COD dan kamu akan beralih ke halaman pembelian COD Points.
  4. Masukan ID akun Call of Duty kamu dan pilih nominal top up CP yang kamu inginkan.
  5. Pilih metode pembayaran dan masukkan nomor WhatsApp aktif kamu. Nomor WhatsApp di sini nantinya akan menjadi media pengiriman bukti pembelian atau penyelesaian pembayaran.
  6. Klik tombol Bayar dan kemudian selesaikan pembayaran kamu.
  7. Jika proses pembayaran berhasil, COD Point sesuai pembelian akan dikirim langsung ke akun kamu.

Telah Lebih Kenal Apa Itu CODM?

Jika mempertanyakan apa itu CODM, game ini adalah evolusi dari game Call of Duty yang dibawa ke versi mobile. Game FPS mobile ini masih mempertahankan konsep FPS klasiknya, namun menawarkan lebih banyak mode permainan dan juga mengadaptasi sistem kelas.

CODM menawarkan pengalaman bermain berbeda dibandingkan game FPS lainnya. Game ini menawarkan pengalaman game klasik ala Counter Strike, namun dengan sedikit sentuhan modern ala PUBG dan Fortnite.

Call of Duty Mobile

Top up CP CODM hanya dalam hitungan detik! Cukup masukan User ID COD Mobile Anda, pilih jumlah CP yang Anda inginkan, selesaikan pembayaran, dan CP CODM akan secara instan ditambahkan ke akun CODM Anda.

Top Up Call of Duty

FAQ

Apa tugas Garena di CODM?

Mendistribusikan game Call of Duty Mobile untuk wilayah Asia tenggara, yang mencakup Taiwan, Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Berapa GB CODM sekarang?

Sekitar 1.8 GB.

Apakah CODM termasuk game FPS?

Ya. Game Call of Duty Mobile termasuk ke dalam kategori game FPS yang menawarkan elemen FPS klasik, namun dipadu dengan sentuhan game FPS modern ala Fornite dan PUBG.

Apa rank tertinggi CODM?

Legendary rank.