Apa Itu Point Blank? Game FPS Legendaris yang Masih Exist

Yuk kenalan dengan apa itu Point Blank, game legendaris yang masih exist dan memiliki banyak fanbase di Indonesia.

Apa Itu Point Blank? Game FPS Legendaris yang Masih Exist

Point Blank (PB) adalah salah satu game fenomenal yang sempat booming di Indonesia di kisaran tahun 2009 silam. Game ini berhasil menarik perhatian lebih dari 2 juta penggemar game di Indonesia untuk mencobanya kala itu.
Hingga saat ini, game ini masih memiliki nama besar di Indonesia. Namun, apa itu Point Blank dari sisi gameplay?

Apa Itu Point Blank?

Point Blank pada dasarnya adalah game bertema FPS (First Person Shooter) yang dibesut oleh perusahaan game konsol asal Korea Selatan, Zepetto di tahun 2008 silam. Perusahaan Zepetto ini juga menjadi pihak yang memegang hak publikasi dan distribusi dari game FPS ini.

Gameplay dari game Point Blank ini sendiri adalah bertema perang senjata antar dua kelompok. Di game ini, pemain akan berada di dalam salah satu kelompok dan berpartisipasi melawan kelompok lain.

Saat ini, game Point Blank sendiri memiliki cukup banyak server yang tersebar di berbagai negara, mulai dari Thailand, Indonesia, Rusia, Amerika, Brazil, dan beberapa negara lain.

Latar Cerita Point Blank

Masih pembahasan tentang apa itu point blank. Point Blank dapat dikatakan sebagai salah satu game FPS yang memiliki latar cerita yang menarik. Latar game ini dimulai dari meningkatnya aksi kriminalitas oleh para imigran akibat masalah sosial, di mana mereka kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Demi bertahan hidup, para imigran tersebut berakhir melakukan sejumlah tindakan kriminal, mulai dari merampok hingga mengedarkan obat terlarang. Lalu, mereka mendirikan organisasi teroris yang bernama Free Rebels.

Keberadaan Free Rebels menimbulkan gesekan konflik dengan pemerintah. Demi menghadapi organisasi terrorist tersebut, pemerintah pun membentuk pasukan khusus (special force) yang bernama CT-Force Terrorist Force.

Seperti yang kami singgung sebelumnya, dalam gameplay PB, pemain akan berada dalam salah satu satu kelompok (Free Rebels dan CT-Force). Setiap tim memiliki role yang berbeda-beda.

Pemain yang masuk ke dalam tim Free Rebels akan mendapatkan mark (tanda) merah pada karakternya. Sementara tim yang masuk ke dalam tim CT-Force akan memiliki tanda berwarna biru.

💡

Sejarah Point Blank Indonesia

Setelah membahas mengenai apa itu Point Blank, mari sedikit bahas mengenai sejarah game ini di Indonesia.

Berdasarkan banyak sumber, Gemscool adalah layanan publisher game yang berjasa besar membawa game ini masuk ke Indonesia dan booming di kalangan para penggemar game. PB sendiri secara resmi rilis di Indonesia pada tahun 2009. Perilisan ini dilakukan 1 tahun setelah perilisan inisial game ini di negara asalnya, Korea Selatan.

Saat perdana masuk ke pasar Indonesia, PB dengan cepat menarik perhatian para pecinta game, khususnya game bertema FPS. Hingga akhirnya, game PB sempat menjadi game wajib yang tersedia di banyak warnet kala itu.

Setelah beberapa tahun berlalu, game PB semakin mengukuhkan popularitasnya di kalangan para pemain. Jumlah pemain dari game ini mengalami peningkatan drastis, bahkan kebanyakan berasal dari pemain Counter Strike: Global Offensive yang berpindah haluan.

Bukan tanpa sebab, pasalnya game ini memang menawarkan gameplay menarik dan yang terpenting dapat dimainkan secara gratis. Kala itu, perkembangan dari game PB ini termasuk sangat pesat.

Di tahun 2015, pengelolaan Point Blank yang sebelumnya terdapat di tangan Gemscool, diambil alih oleh Garena. Seiring dengan perpindahan hak pengelolaan tersebut. Sejak saat itu, Garena melakukan berbagai pembenahan, guna mengatasi masalah server yang kala itu mulai sering terjadi.

Garena pun juga berkomitmen untuk membuat game PB dapat menawarkan pengalaman bermain yang lebih baik.

Namun, sayangnya tekad Garena tersebut mendapatkan tantangan dari para pemain yang menggunakan cheat dan program ilegal untuk keunggulan bermain mereka. Hingga akhirnya di tahun 2018, Garena melepas pengelolaan PB dan mengembalikannya ke pihak Zepetto.

Kelebihan Game Point Blank

Meskipun secara statistik, popularitas PB tidak setinggi saat di era keemasannya. Namun, game PB masih exist hingga hari ini dan masih memiliki jumlah pemain yang massive. Sekali lagi, hal tersebut tidak lepas dari gameplay dari game ini yang seru dan menarik.

Tidak hanya itu, PB juga menyediakan berbagai mode permainan, yang masing-masingnya memiliki kelebihan tersendiri. Salah satu mode permainan PB yang cukup populer yakni dari mode online match nya, yang memungkinkan pemain masuk ke dalam salah satu tim yang bermain dan bertarung melawan tim lain secara online.

Medan tempur yang tersedia di game PB juga sangat beragam, mulai dari Arena Under 23, Taipei City Mall, Burning Hall, dan masih banyak lagi. Tersedia juga fitur unik, yaitu fitur clan yang memungkinkan pemain untuk bergabung atau membentuk klan tempur sendiri di game ini.

Dan yang paling menarik adalah terkait dengan item. Setiap item di game PB memiliki efek unik yang memberikan keuntungan pada pemain ketika bertempur.

Kekurangan Game Point Blank

Ketika membahas mengenai apa itu Point Blank, banyak orang yang mungkin hanya mengenal game ini sebagai game FPS gratis. Namun, jika menelusuri lebih dalam, game ini sebenarnya tidak sepenuhnya gratis.

Pasalnya, terdapat mekanisme pembelian item yang berlaku di game ini, layaknya kebanyakan game online modern hari ini. Di game ini, kamu dapat membeli item dengan menggunakan PB point, yang tidak lain adalah mata uang dalam game ini.

PB point ini dapat kamu dapatkan dengan melakukan top up saldo game di sejumlah platform pembelian saldo atau voucher game. Yang menjadi dilema, item yang tersedia di game PB ini bersifat rental.

Jadi, meskipun kamu telah melakukan top up cash Point Blank untuk pembelian item. Item yang kamu beli tidak akan dapat permanen menjadi milik akun kamu. Kamu hanya akan dapat menggunakan item tersebut selama dalam masa aktifnya.

Dengan kata lain, PB memiliki sistem pay to win yang cukup kental. Alhasil, permainan dalam game ini tidak hanya bergantung pada skill, namun juga ketersediaan item yang mumpuni.

💡

Telah Paham Apa itu Point Blank Game?

Jadi, pada dasarnya jika mempertanyakan apa itu Point Blank game, game ini adalah game bergenre FPS yang berlatar belakang perang antara pasukan militer pemerintah melawan para imigran kriminal.

Di game ini, dua tim pemain akan memainkan salah satu role tersebut dan saling baku tembak di medan tempur. Game ini mengajak pemainnya untuk merasakan ketegangan baku tembak di medan tempur yang beragam.

Menariknya, terdapat sistem pembelian item di dalam game ini yang memungkinkan pemain untuk membuat performa dan tampilan karakternya lebih stand out di medan tempur.

Jika kamu yang ingin mencoba game ini dan melakukan top up untuk pembelian item, Saldo Game dapat menjadi platform yang dapat kamu kunjungi. Platform ini menyediakan akses untuk top up saldo berbagai game online populer, termasuk Point Blank. Harga pembelian di platform ini juga cukup kompetitif.

Kamu bisa menghubungi kontak Saldo Game untuk berdiskusi dengan salah satu tim Saldo Game dan dapatkan informasi penting lainnya.

Point Blank

Top-up point blank cash termurah dan terpercaya. Top up masuk dalam hitungan detik! Cukup masukan ID Anda, pilih yang Anda inginkan, pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi Anda.

Top Up Point Blank

FAQ

Apakah Point Blank itu game online?

Ya. Point Blank adalah game online bertipe FPS (First Person Shooter) yang berlatar perang antara imigran kriminal dan pasukan khusus pemerintah.

Di mana download Point Blank?

Di halaman resmi Point Blank Indonesia, yaitu pointblank.id.

Apakah game point blank bisa dimainkan di hp?

Ya, bisa di HP Android.

Point blank keluar tahun berapa?

Tahun 2008 silam. Namun, di Indonesia, game ini baru masuk pada tahun 2009.